Harmonisasi Kehidupan Dengan Cara pandang Universal

#Harmonisasi Kehidupan Dengan Cara pandang Universal#

Komunis ? Kenapa tidak ?. Itu alami dan ilmiah. Bukankah kita makhluk komunal? . Yang tidak alami itu komunisme. Karna komunisme menentang gagasan kapitalisme.

Kapitalis ? Kenapa tidak. Itu alami dan ilmiah. Bukankah hidup butuh modal?. Yang tidak alami itu kapitalisme yang menafikan gagasan pentingnya peduli pada perasaan komunal.

Materialis ? Kenapa tidak ? Itu alami dan ilmiah. Karna kita hidup di dunia material. Yang tidak alami dan ilmiah itu materialisme yang menafikan sisi spiritual.

Spiritual ? Kenapa tidak ? . Itu alami dan ilmiah. Kita ini makhluk spiritual. Yang tidak alami itu spiritualisme yang meremehkan dunia materi.

Individualis ? Kenapa tidak?. Itu alami dan ilmiah. Karna kita punya hak-hak dasar individu. Yang tidak alami itu individualisme yang mempersoalkan aspek sosialita.

Sosialis ? Kenapa tidak?. Itu alami dan ilmiah. Karna kita ini makhluk sosial. Yang tidak alami dan tidak ilmiah itu sosialisme yang menafikan aspek individu.

Kehidupan ini berjalan sehat secara alami dan ilmiah ketika semua sektor kehidupan berjalan terpadu individual-sosial, material-spiritual, kapital-komunal, ideal-aktual, dst.

Masalah hidup tak pernah selesai bagi mereka yang melihat hidup secara sepotong-sepotong atau sektoral.

Akibat sektoralisasi aspek-aspek kehidupan mulailah ada komunisme vs kapitalisme. Individualisme vs sosialisme. Materialisme vs spiritualisme.

Bagi yang melihat kehidupan secara utuh , dunia nampak berjalan harmoni saling isi dan saling melengkapi.

hehe..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *